SEJARAH IM TELKOM
23 MEI 1990
Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) atau dulu bernama STMB Telkom didirikan dengan nama Master in Business Administration (MBA) Bandung melalui akta notaris Wiratni Ahmad, SH., nomor : 163/1990, sebagai Graduate School (sekolah pasca sarjana).
Pada awal pendiriannya, Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) mengadop secara utuh, schooling system yang dilaksanakan di Asian Institute of Management (AIM) Philipines . Sistem ini sudah terbukti sangat baik, karena AIM berhasil menjadi Graduate School ternama di Asia dan Dunia. MBA bandung adalah penyelenggara program MBA pertama di Jawa Barat.
Ketika didirikan, organisasi dan pengelolaan lembaga langsung disupervisi oleh 3 (tiga) orang tenaga professional dari AIM, yaitu : 1 (satu) orang Dean (Dean Bernado), 1 (satu) orang Profesor Senior (Prof. Rafael J. Azanza), dan 1 (satu) orang Direktur (Ms. Emmy De Vera). Ketiga orang ini sebenarnya tidak hanya memperkenalkan dan menerapkan schooling system AIM, lebih dari itu, mereka juga mencoba menerapkan kultur dan nilai-nilai profesional yang berlaku di AIM.
Kegiatan tersebut mereka lakukan secara konsisten selama 5 tahun, yaitu dari tahun 1990-1995. Mereka datang ke Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) untuk mengajar dengan pendekatan team teaching bersama-sama dengan pengajar internal Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) , dan selalu mendiskusikan mengenai pengelolaan institusi pendidikan yang baik.
Penerapan schooling system AIM di Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) cukup berhasil, hal ini ditunjukkan dengan berhasilnya Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) bersama-sama dengan IPPM, IPMI, dan Prasetya Mulya, masuk ke dalam jajaran 4 (empat) besar sekolah bisnis terbaik versi majalah SWA tahun 1992, mengungguli universitas-universitas negeri seperti UI, ITB, UNPAD, dll.
26 Juni 2006
STMB Telkom mendapat ketetapan tentang Surat Pendaftarann Ciptaan, berlaku selama 50 (lima puluh) tahun sejak pertama kali diumumkan, dari Departemen Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia.
Nomor & tanggal pendaftaran : 030714, 19 Mei 2006
VISI
Menjadi lembaga pendidikan Tinggi bidang Manajmen berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Unggul dan menjadi pilihan di Tingkat Regional | |||||||||||||||||||||||
MISI | |||||||||||||||||||||||
| |||||||||||||||||||||||
SISTEM NILAI | |||||||||||||||||||||||
| |||||||||||||||||||||||
TUJUAN | |||||||||||||||||||||||
Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) di tunjang dengan staf pengajar yang merupakan kombinasi antara professional dan praktisi industri telekomunikasi menjadikan kegiatan belajar mengajar dan aktifitas kampus semakin hidup. Sebanyak 90% pengajar Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) telah berstatus S2 dan S3 baik dalam maupun luar negeri, sehingga hal ini merupakan jaminan dalam pengajaran manajemen bisnis telekomunikasi dan informatika. Sehingga akan menghasilkan lulusan yang siap terjun di dunia bisnis. Berikut adalah profil Ketua Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) dari masa ke masa Profil Rektor IM Telkom
|
Prospek Kerja Alumni
Peluang bagi lulusan IMT yang kompeten sangat terbuka lebar di berbagai industri, khususnya yang berbasis Information and Communication Technology (ICT).
IM Telkom memiliki Biro Alumni, Ekstrakurikuler & Kemahasiswaan (BAEK) yang diantaranya bertugas membantu alumni IM Telkom mendapatkan pekerjaan di berbagai perusahaan.
Data berikut dapat kami sampaikan sebagai gambaran tentang prospek dan penanganan alumni IM Telkom :
- ICT (Infokom) merupakan industry yang paling tinggi pertumbuhannya di Indonesia,
- Kebutuhan SDM pada industry infokom sangat terbuka (sumber : Bandung High Tech Valley/BHTV, 2007) :
a. Layanan Komersial : 40.341 orang/ tahun
b. Layanan Pemerintahan : 5.489 orang/ tahun
c. Ketersediaan SDM yang memiliki kompetensi di bidang infokom masih sangat terbatas (sumber : DEPDIKNAS, 2007):
Jumlah perguruan tinggi yang memiliki program studi terkait industry infokom : 476
Jumlah lulusan dari program studi yang terkait industry infokom : 16.430 orang/ tahun
Awal berdiri IM TELKOM hanya berkonsentrasi pada jurusan MBTI namun pada tahun ajaran 2008-2009 ini, IM TELKOM membuka 5 fakultas baru yaitu, S1 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL , S1 AKUTANSI , S1 ILMU KOMUNIKASI , S1 ADMINISTRASI NIAGA , dan D3 PEMASARAN.
MBTI
Pada tahun 1997 Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) membuka program Strata-1 Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika. Lulusan program S1 berhak menyandang gelar Sarjana Manajemen Bisnis
Desain Komunikasi Visual
Konsentrasi :
- Technopreneurship
Kualitas lulusan : memiliki kompetensi desain komunikasi visual untuk mengembangkan inovasi produk dan bisnis pada industri terkait, serta memiliki entrepreneurial skill yang ditunjang oleh keterampilan di bidang Information and Communication Technology (ICT) - Multimedia Marketing
Kualitas lulusan : Lulusan memiliki kompetensi di bidang Marketing Multimedia, melalui pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT), serta memiliki entrepreneurial skill untuk berbisnis secara mandiri.
Akutansi
Konsentrasi :
- Management Accounting
Keunggulan :
Memiliki kompetensi dalam penyusunan laporan keuangan, baik organisasi public (pemerintah & organisasi nirlaba), maupun swasta (nasional & internasional), serta menyediakan sistem akuntansi manajemen dan sistem akuntansi berbasis Information and Communication Technology (ICT). Lulusannya diprogramkan mendapatkan Certified Internal Auditor (CIA). - Auditing
Keunggulan :Lulusan memiliki kompetensi dalam melakukan financial audit, operasional audit, dan information system audit serta pengendalian manajemen (Manajemen Control System) berbasis Information and Communication Technology (ICT). Lulusannya juga diprogramkan mendapatkan Certified Internal Auditor (CIA) dan sertifikat Enterprise Resource Planning (ERP) yang relevan dengan bidang akuntansi
Ilmu Komunikasi
Konsentrasi :
Creative Media CommunicationKualitas lulusan : Lulusan memiliki kompetensi dalam pengelolaan dan penyampaian informasi yang efisien dan efektif untuk mengoptimalkan keunggulan produk dan perusahaan melalui pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT), serta memiliki entrepreneurial skill untuk mampu berbisnis secara mandiri.
Administrasi Niaga
Konsentrasi :
- Business AdministrationKualitas lulusan : Lulusan memiliki kompetensi di bidang administrasi bisnis, termasuk diantaranya kemampuan di bidang perdagangan nasional & internasional serta e-business dengan memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT).
- Modern Office AdministrationKualitas lulusan : Lulusan memiliki kompetensi dalam pengelolaan dan optimalisasi sarana & prasarana perkantoran modern yang berbasis Information and Communication Technology (ICT). Lulusan akan mendapatkan sertifikat Microsoft Office Specialist (MOS).
Dukungan Fasilitas
Fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) adalah sebagai berikut :
1.) Kampus milik sendiri
2.) Ruang kelas yang nyaman
3.) Ruang Serba Guna
4.) Perpustakaan Lengkap
5.) Laboratorium Komputer
6.) Perlengkapan Presentasi Multimedia
7.) Cafetaria
8.) Tempat Ibadah
9.) Lapangan Olah raga
(walaupun hanya ada di kampus 1 GEGERKALONG)
5 komentar:
panjangnyaaa....
buat tugas ya.gud.gud.
yang tekun ya.seperti saya.
okeh !!
slamad memelihara blogny yaa....
oia,kalo menurut gw artikel lu itu fleksibel....
ooo lw kul d IMT...
kampus yang g punya kantin itu khan????
berbanggalah kuliah d imt.....
Posting Komentar